Contoh Cover Letter Bahasa Indonesia Terbaik Fresh Graduate

Berdasi Com

Cover letter Bahasa Indonesia tentunya dibutuhkan pada saat melamar pekerjaan, baik itu pekerjaan fulltime, part-time, atau untuk melamar pekerjaan magang. Meski penting, faktanya banyak yang belum tahu apa itu cover letter dan apa fungsinya. Agar tidak penasaran, berikut adalah penjelasan lengkapnya.

Apa Itu Cover Letter?

Apa Itu Cover Letter?

Istilah cover letter mungkin masih asing di telinga sebagian besar orang. Namun, sebenarnya cover letter ini hanya istilah resmi dari surat lamaran. Ya, jika ingin mencari pekerjaan atau melamar untuk mengisi lowongan kerja, tentu butuh surat lamaran, bukan? Nah, di sinilah
cover letter Bahasa Indonesia akan dibutuhkan.

Meski sering dianggap remeh, cover letter ternyata memiliki peran penting. Bagi yang ingin mengetahui apa saja tujuan membuat cover letter, informasi selengkapnya bisa disimak di bawah ini. Setelah itu, tentu kita tidak akan lagi memandang cover letter sebelah mata dan tidak mengirimkannya ketika melamar pekerjaan.

Apa Tujuan Membuat Cover Letter?

Mengapa cover letter sangat dibutuhkan dan mengapa para job seeker atau pencari kerja di luar sana harus memiliki kemampuan untuk menulis cover letter Bahasa Indonesia? Hal ini dikarenakan peran cover letter sangatlah krusial. Tanpa cover letter, kita tidak akan bisa memperkenalkan diri secara formal dan resmi kepada tim HRD atau kepada perusahaan yang ingin kita lamar.

Jadi, fungsi cover letter yang utama memang untuk memperkenalkan diri. Selain itu, surat ini memiliki fungsi untuk membantu kita mempromosikan diri dengan menulis hal-hal yang sekiranya menjadi nilai plus yang kita miliki. Dengan hal ini, tim HRD atau siapapun yang membaca surat lamaran ini akan lebih tertarik untuk membaca CV dan dokumen-dokumen lain yang kita sertakan dalam berkas lamaran.

Contoh Cover Letter

Tidak semua orang bisa dengan mudah membuat cover letter Bahasa Indonesia. Alhasil, contoh cover letter menjadi hal yang sangat dibutuhkan, terutama untuk para fresh graduate yang belum banyak pengalaman kerjanya. Berikut ini adalah beberapa contoh surat lamaran yang bisa dibaca langsung, sehingga tidak perlu lagi repot-repot mengunduh contoh cover letter doc atau PDF.


#1 Contoh Cover Letter

Kepada Yth.

Bapak Roni Septian

HRD PT. Nusa Nusindo

Di Tempat

 

Salam hormat,

Perkenalkan nama saya Dwi Ratnasari. Saya merupakan lulusan dari Universitas Pendidikan Jaya, jurusan Bahasa dan Sastra Perancis. Saya baru saja lulus dengan IPK 3.6 bulan April yang lalu. Bersama dengan surat ini, saya ingin menyampaikan ketertarikan saya untuk bergabung dengan perusahaan yang bapak pimpin.

Berdasarkan dengan informasi yang saya dapat dari salah satu situs lowongan kerja, PT. Nusa Nusindo sedang mencari translator Bahasa Perancis. Dengan pembelajaran yang saya tempuh selama kuliah di jurusan Bahasa dan Sastra Perancis, saya rasa saya merupakan kandidat yang kuat untuk menempati posisi yang dibutuhkan di perusahaan bapak tersebut.

Selama kuliah, saya sudah memiliki pengalaman untuk melakukan terjemahan dari Bahasa Indonesia ke Bahasa Perancis maupun sebaliknya. Saya bisa melakukan terjemahan untuk teks umum, buku (sastra dan literatur), maupun untuk konten teks yang lainnya.

Saya juga sudah pernah melakukan magang di lembaga pendidikan bahasa Perancis sehingga saya memiliki kemampuan dual bahasa yang cukup mumpuni. Oleh karena itu, saya memberanikan diri untuk melamar di PT. Nusa Nusindo dan mengisi lowongan translator Bahasa Perancis.

Saya mengirimkan dokumen-dokumen pendukung, seperti fotokopi ijazah terakhir, transkrip nilai, CV terbaru, dan fotokopi KTP. Saya berharap untuk dapat berbincang langsung dengan bapak jika diberi kesempatan untuk lolos ke tahap wawancara.

 

Salam,

Dwi Ratnasari


#2 Contoh Cover Letter

Jakarta, 26 Juni 2021


Kepada Yang Terhormat,

Kepala Divisi Sumber Daya Manusia

PT. Nusa Bangsa II

Di Tempat

 

Dengan Hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama                    : Johnny Gunawan

Tempat Tanggal Lahir : Jakarta, 16 April 1998

Alamat                   : Jl. Burung Kenari, RT 17, RW 02, Jakarta Barat 27189

Menyampaikan ketertarikan saya terhadap lowongan pekerjaan di PT. Nusa Bangsa II sebagai staff marketing sebagaimana dimuat di Koran Rakyat edisi 25 Juni 2021.

Saya merupakan lulusan Universitas Bangun Bangsa jurusan Ilmu Ekonomi. Saya baru saja lulus bulan Mei 2021 kemarin dan mendapatkan IPK akhir 3.4. Saya mencari pekerjaan untuk memulai karir saya di dunia kerja dan PT. Nusa Bangsa II.

Meski saya baru saja meraih gelar sarjana, namun saya sudah memiliki pengalaman kerja di bidang marketing. Saya mendapatkan pengalaman pada saat menjalankan praktek magang yang menjadi salah satu hal wajib untuk mendapatkan gelar sarjana ekonomi.

Untuk itu, bersama surat ini, saya kirimkan dokumen-dokumen pendukung yang sekiranya dibutuhkan oleh bapak/ibu dan tim divisi sumber daya manusia. Saya mengirimkan fotokopi ijazah terakhir, transkrip nilai, fotokopi KTP dan juga SKCK (Surat Keterangan Cari Kerja)

Saya berharap bisa mendapatkan kesempatan untuk wawancara dan bisa menjelaskan secara langsung potensi dan kemampuan yang saya miliki.  Terima kasih banyak atas waktu dan pertimbangan bapak/ibu.

 

Salam hormat,

Johnny Gunawan

 

Baca Juga : Surat Lamaran Kerja dalam Bahasa Inggris dan Artinya


#3 Contoh Cover Letter

 

Kepada Yth.

Ibu Magdalene Hutapea

Human Resources Department

PT. Empat Saudara Teknologi

Di Tempat

 

Salam hormat,

Bersama dengan surat ini, saya ingin memperkenalkan diri kepada ibu dan ingin mengungkapkan keinginan saya untuk bekerja di perusahaan yang ibu pimpin.

Nama saya Lutfi Hakim. Saya baru saja lulus dari Universitas Satu Nusa dan mendapatkan gelar sarjana di bidang Pendidikan Matematika. Saya membaca lowongan kerja di salah satu media cetak di mana dituliskan jika PT. Empat Saudara Teknologi sedang mencari guru matematika.

Saya sangat tertarik akan lowongan kerja tersebut karena saya memang memiliki passion di bidang pendidikan dan ingin mengajar di sekolah atau di pusat pelatihan, layaknya di PT. Empat Saudara Teknologi.

Meskipun saya baru lulus kuliah dan belum memiliki pengalaman kerja resmi, namun saya sudah terbiasa mengajar karena selama kuliah saya sering mengambil sidejob praktek mengajar di kelas-kelas baik secara umum maupun privat.

Untuk membantu ibu dan tim mempertimbangkan saya untuk mengisi lowongan pekerjaan tersebut, saya sertakan beberapa dokumen yang sekiranya dibutuhkan. Saya kirimkan fotokopi ijazah dan transkrip nilai yang sudah dilegalisir, fotokopi KTP, dan curriculum vitae terbaru.

Saya memiliki harapan besar untuk dapat bekerja di perusahaan yang ibu pimpin. Semoga sekiranya saya bisa mendapatkan kesempatan untuk maju ke tahap wawancara dan bertemu langsung dengan ibu dan tim.

 

Terima kasih.

Salam,

Lutfi Hakim

·  

#4 Contoh Cover Letter

Yogyakarta, 1 Juli 2021

Kepada Yth.

Bapak Kevin Maulana

HRD PT. Bagas Perkasa

Di Tempat

 

Salam hormat,

Saya yang bertanda-tangan di bawah ini:

Nama                            : Umi Nurfalida

Tempat dan Tanggal Lahir : Jakarta, 1 Agustus 1997

Pendidikan Terakhir         : Sarjana Pendidikan Seni Pertunjukan

Alamat                  : Jl. Urip Sumoharjo RT 17, RW 01, Demangan, Yogyakarta 71891

 

Menyampaikan keinginan saya untuk melamar kerja di perusahaan bapak. Saya mendapatkan informasi lowongan kerja ini dari rekan yang menyatakan jika PT. Bagas Perkasa sedang mencari staff untuk bekerja sebagai tim event organizer.

Saya tertarik pada pekerjaan ini karena saya memang ingin berkarir di bidang kesenian atau bidang event organizing. Saya baru saja lulus dari Institut Pendidikan Seni bulan April lalu di mana saya mendapatkan gelar Sarjana Pendidikan Seni Pertunjukan. Saya lulus dengan IPK 3.6.

Selama saya menempuh perkuliahan, saya sudah sering terlibat dalam aneka pertunjukan seni dan event/acara berskala internasional. Saya pernah menjadi team leader pada saat acara "8th International Dancing Night" yang diadakan oleh kampus saya dan dihadiri oleh delegasi 15 negara dari berbagai benua.

Saya juga menjadi bagian dari tim event organizer yang merancang dan melaksanakan acara "Fashion and Food International Festival 2019" di mana saya bertanggung jawab sebagai public relation officer.

Dengan berbagai pengalaman lain yang juga saya miliki, saya percaya jika saya bisa menjadi staff atau bagian tim dari event organizer di perusahaan bapak dan bisa memberikan yang terbaik di sana.

Saya berkeinginan untuk maju dan berkembang. Saya berharap perusahaan bapaklah yang bisa menjadi tempat bagi saya untuk memulai karir saya di bidang event organizer profesional.

Semoga harapan saya tercapai dan bisa mendapatkan kesempatan untuk wawancara dan bertemu langsung dengan bapak.

Terima kasih bayak atas perhatiannya.

 

Salam,

Umi Nurfalida

 

#5 Contoh Cover Letter

Kepada Yth.

PT. Aska Angkasa

Di Tempat

 

Salam hormat,

Bersama dengan surat ini, perkenankanlah saya memperkenalkan diri. Nama saya Yosef Arifin. Saya baru saja lulus dari Universitas Manggala dan mendapatkan gelar Sarjana Pendidikan Bahasa Indonesia.

Tujuan saya menulis surat ini adalah untuk melamar pekerjaan di PT. Aska Angkasa di mana saya mendapatkan informasi jika perusahaan sedang membutuhkan guru les Bahasa Indonesia.

Saya sudah memiliki pengalaman mengajar di beberapa tempat les dan kursus sebelumnya. Meski hanya sebatas part-time, namun saya sudah terbilang berpengalaman untuk memberikan materi seputar kebahasaan dan materi lain yang terkait.

Saya juga cukup komunikatif dan saya senang pada bidang pendidikan sehingga bisa memberikan transfer ilmu ke pada anak-anak didik merupakan salah satu hal yang saya selalu inginkan.

Untuk itu, bersama dengan surat ini saya juga kirimkan beberapa dokumen pendukung seperti fotokopi ijazah, curriculum vitae, transkrip nilai dan juga fotokopi KTP. Jika dibutuhkan, nanti saya juga akan membawa kelengkapan dokumen lain, termasuk SKCK.

Saya berharap bisa bergabung bersama perusahaan bapak dan bersama-sama membantu perusahaan untuk dapat berkembang dan semakin maju ke depannya. Saya sangat menghargai apabila dapat diberi kesempatan untuk interview atau wawancara.

Terima kasih banyak atas waktu dan perhatiannya.

 

Salam,

Yosef Arifin

 

Baca : Rekomendasi Laptop yang Bagus untuk Kerja Kantoran

Itu dia tadi beberapa contoh surat lamaran kerja yang perlu diketahui oleh para fresh graduate. Meski baru lulus, tidak ada alasan untuk menulis surat lamaran kerja yang kurang menarik. Surat sejenis ini haruslah ditulis semenarik mungkin agar perusahaan yang kita lamar bisa memberikan kesempatan bagi kita untuk lanjut ke tahap selanjutnya. Inilah alasannya mengapa cover letter Bahasa Indonesia menjadi hal yang sangat penting untuk diketahui.

Demikian informasi Contoh Cover Letter Bahasa Indonesia Terbaik Fresh Graduate.

Info lowongan kerja lainnya Ikuti kami :

1. Instagram : @Loker_terbaru

2. Twitter : @Loker_terbaru