Pengumuman Seleksi Verifikasi Administrasi Kemenparekraf CPNS 2021

Berdasi Com

Pengumuman Seleksi Verifikasi Administrasi Kemenparekraf CPNS 2021 - Dalam rangka mengisi lowongan formasi Pegawai Negeri Sipil sesuai dengan Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 964 Tahun 2021 tentang Perubahan Atas Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur dan Reformasi Birokrasi Nomor 844 Tahun 2021 tentang Penetapan Kebutuhan Pegawai Aparatur Sipil Negara di lingkungan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Tahun Anggaran 2021, membuka kesempatan kepada Warga Negara Indonesia untuk mengikuti seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) yang akan ditugaskan di lingkungan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.


Hasil Seleksi Verifikasi Administrasi Kemenparekraf, Daftar Nama Seleksi Verifikasi Administrasi Kemenparekraf, Nilai Seleksi Verifikasi Administrasi Kemenparekraf, Kelulusan Seleksi Verifikasi Administrasi Kemenparekraf, Cara Melihat Hasil Seleksi Verifikasi Administrasi Kemenparekraf


Pengumuman Seleksi Verifikasi Administrasi Kemenparekraf CPNS 2021



Pengumuman Seleksi Hasil Administrasi CPNS Kemenparekraf 2021


Untuk melihat hasil pengumuman administarasi CPNS 2021 silakan buka / akses link portal resmi SSCASN di https://sscasn.bkn.go.id/


Persiapan Setelah Pengumuman Lulus Administrasi : 


1. Seleksi Kompetensi Dasar

  • Pelamar melaksanakan Ujian Seleksi Kompetensi Dasar
  • Panitia mengumumkan hasil Seleksi Kompetensi Dasar
  • Pelamar yang dinyatakan lulus dapat melanjutkan proses ke tahap Ujian Seleksi Kompetensi Bidang


2. Seleksi Kompetensi Bidang

  • Pelamar melaksanakan Ujian Seleksi Kompetensi Bidang
  • Panitia mengumumkan hasil Seleksi Kompetensi Bidang


3. Pengumuman Kelulusan

  • Panitia mengumumkan hasil integrasi SKD dan SKB
  • Pelamar yang dinyatakan tidak lulus dapat menyanggah hasil integrasi SKD dan SKB Panitia mengumumkan hasil sanggah integrasi SKD dan SKB (pengumuman ini bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat)
  • Pelamar yang dinyatakan lulus melakukan pemberkasan


Jadwal Seleksi CPNS 2021


NoKegiatanTanggal
1.Pengumuman Seleksi ASN30 Juni s.d. 21 Juli 2021
2.Pendaftaran Seleksi ASN30 Juni s.d. 26 Juli 2021
3.Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi2 s.d. 3 Agustus 2021
4.Masa sanggah4 s.d. 6 Agustus 2021
5.Jawab sanggah4 s.d. 13 Agustus 2021
6.Pengumuman Pasca Sanggah15 Agustus 2021
7.Pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD)25 Agustus s.d. 4 Oktober 2021
8.Pengumuman Hasil Seleksi Kompetensi Dasar (SKD)17 s.d. 18 Oktober 2021
9.Persiapan Pelaksanaan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB)19 Oktober s.d. 1 November 2021
10.Pelaksaan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB)8 s.d. 29 November 2021
11.Penyampaian Hasil Integrasi SKD dan SKB15 s.d. 17 Desember 2021
12.Pengumuman Kelulusan18. s.d. 19 Desember 2021
13.Masa Sanggah20 s.d. 22 Desember 2021
14.Jawab Sanggah20 s.d. 29 Desember 2021
15.Pengumuman Pasca Sanggah30 s.d. 31 Desember 2021
16.Pengisian DRH1 s.d. 18 Januari 2022
17.Usul Penetapan NIP19 Januari s.d. 18 Februari 2022

UNIT KERJA YANG MENDAPATKAN ALOKASI FORMASI :

ALOKASI PENEMPATAN)

1. Sekretariat Kementerian/Sekretariat Utama
2. Inspektorat Utama
3. Deputi Bidang Kebijakan Strategis
4. Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya dan Kelembagaan
5. Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur
6. Deputi Bidang Industri dan Investasi
7. Deputi Bidang Pemasaran
8. Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggaraan Kegiatan (Events)
9. Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif
10. Poltekpar Medan
11. Poltekpar Palembang
12. STP Bandung
13. Poltekpar Makassar
14. Poltekpar Lombok
15. Poltekpar Bali


PERSYARATAN PELAMARAN


Persyaratan Umum 

1. Berusia paling rendah 18 (delapan belas) tahun dan paling tinggi 35 (tiga puluh lima) tahun 00 (nol nol) bulan 00 (nol nol) hari untuk pelamar D.III/D.IV/S.1/S.2 pada saat melamar.. 

2. Warga Negara Indonesia yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, setia dan taat kepada Pancasila, UUD 1945, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia. 

3. Berkelakuan baik dan tidak pernah dipidana dengan pidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang sudah mempunyai kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana dengan pidana penjara 2 (dua) tahun atau lebih. 

4. Tidak pernah diberhentikan dengan tidak hormat tidak atas permintaan sendiri atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai PNS/Anggota TNI/Polri, Pegawai BUMN/BUMD atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta. 

5. Tidak berkedudukan sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil atau Pegawai Negeri Sipil, prajurit TNI, anggota Polri, dan siswa sekolah ikatan dinas Pemerintah. 6. Tidak menjadi pengurus dan/atau anggota partai politik, atau terlibat politik praktis. 

Persyaratan Khusus

1. Berijazah Magister/Master (S2), Sarjana (S1)/Sarjana Terapan (D.IV) dan Diploma (D.III) sesuai dengan nama jabatan yang dipilih pelamar (Surat Keterangan Lulus (SKL) atau Ijazah Sementara TIDAK BISA digunakan dalam pendaftaran seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) tahun 2021). 

2. Lulusan Perguruan Tinggi Negeri atau Perguruan Tinggi Swasta dengan program studi yang terakreditasi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) atau Perguruan Tinggi Luar Negeri yang telah mendapat penyetaraan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, dengan persyaratan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal : 

a. Pelamar formasi Umum dan Disabilitas lulusan D.III/D.IV/S1/S2, sebesar 3,00 (tiga koma nol nol); b. Pelamar formasi Putra/Putri Papua dan Papua Barat lulusan D.III/D.IV/S1/S2, sebesar 2,75 (dua koma tujuh puluh lima). 

3. Bagi calon pelamar dengan formasi Cumlaude dari Perguruan Tinggi Luar Negeri diharuskan melampirkan surat penyetaraan ijazah dan surat keterangan yang menyatakan predikat kelulusannya setara dengan cumlaude/pujian dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. 

4. Memiliki nilai kemampuan Bahasa Inggris yang dibuktikan melalui sertifikat dengan nilai minimal skor TOEFL Paper (min. 450) atau IELTS (min. 4,5) yang diterbitkan dari lembaga internasional/lembaga bahasa perguruan tinggi/lembaga pendidikan bahasa Inggris (sertifikat dari tes yang sesungguhnya dengan ketentuan penerbitan sertifikat skor adalah setelah tanggal 1 Juli 2019). Pelamar dengan formasi khusus Putera/Puteri Papua dan Papua Barat nilai minimal skor TOEFL Paper (min. 400) atau IELTS (min. 4). 

5. Bagi calon pelamar dari penyandang disabilitas wajib : 
a. melampirkan surat keterangan dokter yang menerangkan jenis/tingkat disabilitasnya.
b. mengunggah video singkat dalam bentuk tautan (link) google drive yang menunjukkan kegiatan sehari-hari pelamar dalam menjalankan aktivitas sesuai dengan jabatan yang dilamar, selanjutnya menyampaikan tautan (link) tersebut pada akun pendaftaran SSCASN 2021 masing-masing pelamar.

6. Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) yang masih berlaku (dilengkapi setelah peserta dinyatakan lulus pada pengumuman kelulusan akhir). 

7. Sehat jasmani dan rohani (dibuktikan dengan Surat Keterangan Sehat dari Rumah Sakit Pemerintah setempat dan wajib dilengkapi setelah peserta dinyatakan lulus pada pengumuman kelulusan akhir). 

8. Tidak memiliki ketergantungan terhadap narkotika dan obat-obatan terlarang atau sejenisnya (Surat Keterangan Bebas Narkoba/NAPZA dari Rumah Sakit Pemerintah setempat yang masih berlaku dan wajib dilengkapi setelah peserta dinyatakan lulus pada pengumuman kelulusan akhir). 

9. Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia dan tidak mengajukan pindah dengan alasan pribadi paling singkat selama 10 (sepuluh) tahun sejak diangkat sebagai PNS. 

10.Setiap pelamar mendaftar hanya untuk satu formasi, nama jabatan, dan kualifikasi pendidikan.


TATA CARA PENDAFTARAN


Pelamar dengan Kualifikasi Pendidikan Diploma (D.III), Sarjana (S1)/Sarjana Terapan (D.IV), dan Magister (S2): 

a. Dokumen persyaratan terdiri dari : 

1) Surat lamaran ditujukan Kepada Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di Jakarta, diketik menggunakan komputer, bermeterai Rp. 10.000,- dan ditandatangani dengan pena bertinta hitam (format surat lamaran dapat diunduh dilaman : https://sscasn.bkn.go.id ).

2) Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau Surat keterangan telah melakukan rekaman kependudukan yang dikeluarkan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil). 

3) Ijazah dan Transkrip Nilai Ijazah pendidikan terakhir yang disahkan dan dilegalisir oleh pejabat yang berwenang: Rektor/Dekan/Ketua/Direktur, dan stempel basah (bukan stempel fotocopy), dan Ijazah dan Transkrip Nilai pendidikan D-III/D-IV/S-1 bagi pelamar kualifikasi pendidikan S-2. 

4) Surat keterangan dokter yang menerangkan jenis/tingkat disabilitasnya bagi pelamar formasi disabilitas (format Surat Keterangan dapat diunduh dilaman : https://sscasn.bkn.go.id atau www.kemenparekraf.go.id 

5) Akta kelahiran atau Surat Keterangan Lahir dan Surat Keterangan dari Kepala Desa/Kepala Suku bagi pelamar formasi Putra/Putri Papua/Papua Barat (format Surat Keterangan dapat diunduh dilaman : https://sscasn.bkn.go.id atau www.kemenparekraf.go.id 

6) Sertifikat TOEFL atau IELTS yang masih berlaku sesuai dengan persyaratan. 

7) Pas foto berlatar belakang warna merah dengan ketentuan wajah terlihat jelas dan berpakaian formal. 

8) Surat Pernyataan bermeterai Rp. 10.000,- dan ditandatangani oleh pelamar yang menyatakan: 

a) Berkelakuan baik dan tidak pernah dipidana dengan pidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum yang tetap karena melakukan tindak pidana dengan pidana penjara 2 (dua) tahun atau lebih. 

b) Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai PNS, anggota TNI / POLRI, Pegawai BUMN / BUMD atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta.

c) Tidak berkedudukan sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil atau Pegawai Negeri Sipil, prajurit TNI, anggota Polri, dan siswa sekolah ikatan dinas Pemerintah. 

d) Tidak menjadi anggota atau pengurus partai politik atau terlibat politik praktis. 

e) Memiliki kualifikasi pendidikan sesuai dengan persyaratan jabatan. 

f) Sehat jasmani dan rohani sesuai dengan jabatan yang dilamar. 

g) Tidak memiliki ketergantungan terhadap narkotika dan obat-obatan terlarang atau sejenisnya (Surat Keterangan Bebas Narkoba/NAPZA dari Rumah Sakit Pemerintah setempat yang masih berlaku wajib dilengkapi setelah peserta dinyatakan lulus pada pengumuman kelulusan akhir). 

h) Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia. 

i) Bersedia tidak mengajukan pindah dengan alasan pribadi paling singkat selama 10 (sepuluh) tahun sejak diangkat sebagai PNS. Format surat pernyataan dapat diunduh dilaman : https://sscasn.bkn.go.id atau www.kemenparekraf.go.id. 

b. Pendaftaran dan unggah dokumen persyaratan dilakukan secara online melalui laman: https://sscasn.bkn.go.id dengan menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) pada Kartu Tanda Penduduk (KTP) / Nomor Induk Kependudukan (NIK) pada Kartu Keluarga (KK) dan Nomor Kartu Keluarga (KK). 

c. Seluruh dokumen persyaratan diunggah dalam format PDF (kecuali pas foto dalam format JPEG). Semua dokumen yang diunggah/upload agar dipastikan dapat terbaca dengan jelas dan tidak blur. 

d. Batas waktu pendaftaran dan unggah dokumen persyaratan pelamaran dimulai pada tanggal 2 Juli 2021 s.d. 21 Juli 2021.

e. Pelamar yang dinyatakan lulus seleksi administrasi dapat mencetak kartu peserta ujian secara online melalui laman : https://sscasn.bkn.go.id dimulai pada tanggal 29 Juli 2021 s.d. 16 Agustus 2021.

TAHAPAN SELEKSI


1. Seleksi Administrasi. Khusus bagi pelamar formasi disabilitas verifikasi persyaratan pendaftaran dilakukan dengan melihat video singkat yang diunggah untuk memastikan kesesuaian formasi dengan tingkat/jenis disabilitas yang disandang. 

2. Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) menggunakan Computer Assisted Test (CAT) dengan bobot 40%. 

3. Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) dengan bobot 60% menggunakan metode diantaranya: 

a. CAT dengan bobot 75% dan wawancara dengan bobot 25% untuk pelamar pada jabatan selain Analis Kebijakan Ahli Pertama, Peneliti Ahli Pertama, Perancang Peraturan Perundang-Undangan Ahli Pertama, Analis Hukum Ahli Pertama, Analis Anggaran Ahli Pertama, Pranata Komputer Ahli Pertama, Widyaiswara Ahli Pertama, Analis Pariwisata, Analis Infrastruktur, dan Analis Kerja Sama. 

b. Tes Praktik Kerja yang terkait dengan substansi jabatan yang dilamar dengan bobot penilaian 40%, Penulisan Makalah yang terkait dengan substansi jabatan yang dilamar dengan bobot penilaian 35% dan Wawancara dengan bobot 25% untuk pelamar pada jabatan Dosen Asisten Ahli, Analis Apresiasi Karya Seni, Analis Ekonomi Kreatif, Analis Industri, Analis Penerapan Aplikasi dan Konten, Perancang Grafis, Pranata Fotografi, dan Verifikator Keuangan. 

SISTEM KELULUSAN


1. Kelulusan seleksi administrasi: Kualifikasi Pendidikan Diploma (D.III), Sarjana (S1)/Sarjana Terapan (D.IV), dan Magister (S2) didasarkan pada hasil Verifikasi dokumen yang telah diunggah dan kelulusan seleksi administrasi akan diumumkan oleh panitia pada laman www.kemenparekraf.go.id Bagi pelamar yang telah dinyatakan lulus seleksi administrasi wajib mencetak kartu peserta ujian dari laman https://sscasn.bkn.go.id. 

2. Kelulusan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) didasarkan pada nilai ambang batas yang akan diatur dalam Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. 

3. Peserta Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) adalah peserta yang lulus Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan secara peringkat tidak melebihi 3 (tiga) kali alokasi formasi yang dibutuhkan pada jabatan. 

4. Kelulusan Akhir ditentukan berdasarkan hasil integrasi Seleksi Kompetensi Dasar dan Seleksi Kompetensi Bidang yang diatur dalam Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 27 Tahun 2021 tentang Pengadaan Pegawai Negeri Sipil.


Demikian informasi lowongan kerja hari ini dari berdasi.com mengenai Pengumuman Seleksi Verifikasi Administrasi Kemenparekraf CPNS 2021. info lowongan kerja ini kami lansir dari situs lowongan kerja resmi perusahaan. semoga lowongan ini sesuai dengan pekerjaan yang anda impikan.

Info lowongan kerja lainnya Ikuti kami :

1. Instagram : @Loker_terbaru

2. Twitter : @Loker_terbaru