6 Contoh Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan Terbaru yang Baik dan Benar

Berdasi Com
Pada saat melamar pekerjaan, ada beberapa dokumen penting yang harus dikirimkan ke perusahaan yang dituju, salah satunya adalah surat lamaran kerja. Surat lamaran kerja merupakan salah satu dokumen terpenting pada saat melamar kerja karena dengan surat inilah Anda mengungkapkan ketertarikan Anda untuk melamar pekerjaan di perusahaan yang dituju tersebut.

Meski saat ini zaman sudah modern dan kebanyakan surat lamaran kerja dibuat dengan cara diketik dengan komputer, namun banyak orang masih menganggap jika surat lamaran kerja yang ditulis tangan secara manual memiliki nilai lebih di mata orang yang membacanya.

Surat lamaran kerja yang ditulis dengan tangan secara manual dapat menggambarkan karakter orang yang menulis surat tersebut. Bagi staff-staff HRD yang biasanya merupakan lulusan jurusan psikologi, mereka sudah terbiasa dan mampu membaca karakter seseorang lewat tulisan tangannya. 

Inilah mengapa beberapa perusahaan memang mengharuskan surat lamaran yang masuk dibuat dengan tulisan tangan, bukan diketik dengan komputer.


Salah satu instansi di Indonesia yang pelamarnya harus menyertakan surat lamaran yang dibuat dengan tulisan tangan antara lain adalah BUMN dan bank. Selain itu, pada saat ada pembukaan penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), surat lamaran harus ditulis dengan tangan juga. 

Selain surat lamaran, curriculum vitae (CV) atau daftar riwayat hidup juga harus ditulis dengan tangan.

Meski demikian, ada juga yang berargumen jika kini surat lamaran kerja dengan tulisan tangan sudah ketinggalan jaman. Surat lamaran kerja dan CV yang diketik dengan komputer menunjukkan jika pelamar kerja memiliki skill baik dalam megoperasikan komputer. 

Selain itu, surat lamaran kerja yang diketik dengan komputer juga lebih fleksibel karena berbentuk file dan bisa dikirimkan lewat email maupun diprint/dicetak kemudian dikirim lewat pos.

Baca juga : 9 Contoh Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris dan Terjemahannya Lengkap

Baik surat lamaran kerja yang ditulis tangan maupun diketik dengan komputer sama-sama harus memenuhi beberapa syarat agar bisa dianggap baik di mata HRD, di antaranya adalah surat lamaran kerja harus ditulis menggunakan bahasa yang baik dan benar. Selain itu, format penulisan surat harus tersusun rapi dengan bahasa yang tidak bertele-tele. 

Jika surat lamaran kerja ditulis tangan, pastikan tulisan tangan rapi dan tidak ada bekas coretan/ kata-kata yang dihapus dengan tipe ex di surat tersebut agar lebih enak dibaca. Jika surat lamaran diketik dengan komputer, pastikan ukuran huruf dan jenis huruf adalah yang standar.

Jika saat ini Anda sedang mencari contoh surat lamaran kerja tulis tangan terbaru yang baik dan benar, Anda bisa mendapatkan beberapa contohnya di bawah ini. Contoh lamaran pekerjaan tulis tangan di bawah ini tinggal Anda tulis ulang dengan rapi dengan menyesuaikannya dengan data diri dan keperluan Anda.

1. Contoh Surat Lamaran Kerja di PT

Berikut adalah contoh surat lamaran tulis tangan yang ditujukan kepada perusahaan berbentuk PT (Perseroan Terbatas). Surat lamaran pekerjaan ini dapat digunakan untuk melamar pekerjaan di PT baik untuk posisi karyawan/staff atau posisi-posisi lainnya.


Jakarta, 21 Januari 2024

Kepada Yth:
HRD PT.TRIHATMA PUTRA
Jalan Mangga Dua No.17, Kemayoran, Jakarta Pusat

Perihal : Lamaran Pekerjaan

Dengan Hormat,

Berdasarkan informasi dari media cetak, koran Harian Ibukota, perihal lowongan pekerjaan untuk posisi karyawan/staff di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Melalui surat lamaran pekerjaan ini saya ingin melamar pekerjaan di posisi yang dibutuhkan saat ini tersebut. Berikut adalah data diri saya:

Nama : Amelia Fatmawati
Tempat dan Tanggal Lahir : Solo, 7 Juni 1991
Jenis Kelamin : Perempuan
Pendidikan Terakhir : Sekolah Menengah Atas
Alamat Saat Ini : Jl. Panca Gang Jeruk No. 15 Jakarta Pusat
Telepon : 08579994521

Sebagai bahan pertimbangan, saya melampirkan beberapa dokumen yang diperlukan serta beberapa kelengkapan data diri sebagai berikut:

1. Pas Photo Berwarna Terbaru Berukuran 4x6
2. Daftar Riwayat Hidup/Curriculum Vitae (CV)
3. Foto Copy KTP
4. Foto Copy Ijazah Terakhir

Demikian surat lamaran ini saya buat dengan sebenar-benarnya. Atas perhatian yang Bapak/Ibu berikan saya ucapkan terimakasih.

Hormat saya
Amelia Fatmawati

2. Contoh Surat Lamaran Kerja di Pabrik


Berikut adalah cara membuat lamaran kerja yang ditujukan kepada sebuah pabrik. Pada contoh Surat lamaran pekerjaan ini, posisi yang dilamar adalah sebagai karyawan/karyawati. Jika Anda ingin melamar pekerjaan di pabrik dengan posisi yang lain seperti bagian QC (Quality Control) atau bagian packing, Anda tinggal mengganti bagian posisi lamaran pekerjaan pada contoh di bawah ini.

Yogyakarta,18 April 2024

Kepada Yth:
HRD PT. Raven Tex,
Jl. Kabupaten No. 11Sleman, Yogyakarta

Dengan hormat,
Saya yang bertandatangan di bawah ini:
Nama : Indah Permata Sari
Tempat dan Tanggal Lahir : Gresik, 16 Oktober 1995
Jenis Kelamin : Perempuan
Pendidikan Terakhir : Sekolah Menengah Atas
Alamat Saat Ini : Jl. Siliran No. 10 Sleman
Telepon : 0899871532

Dengan surat lamaran kerja ini menyatakan jika saya ingin bekerja di pabrik kain yang Bapak / Ibu pimpin sebagai karyawati sebagaimana dimuat di iklan lowongan kerja koran Kedaulatan Rakyat edisi Sabtu, 16 April 2024.

Saya memiliki pengalaman kerja di beberapa pabrik kain sebelumnya, salah satunya adalah di sebuah pabrik kain terkemuka di Jakarta. Dengan surat lamaran kerja ini, saya menyatakan jika saya siap untuk memberikan dedikasi dan kompetensi, baik dalam bentuk waktu dan tenaga, untuk perusahaan/pabrik yang Bapak/Ibu pimpin.

Besar harapan saya agar dapat diberikan kesempatan untuk wawancara maupun tes lainnya. Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan beberapa dokumen pelengkap, yaitu:

• Daftar Riwayat Hidup
• Foto Copy Ijazah Terakhir
• Foto Copy KTP
• Pas Photo Berwarna Terbaru dengan Ukuran 4x6
• Surat Pengalaman Kerja

Demikian surat lamaran kerja ini saya buat dengan sebenar-benarnya. Saya mengucapakan banyak terima kasih atas perhatian Bapak / Ibu.

Hormat saya

Indah Permata Sari

3. Contoh Lamaran Pekerjaan Sederhana


Berikut ini adalah surat lamaran kerja dengan format yang paling sederhana. Gunakan contoh surat lamaran kerja di bawah ini sebagai acuan Anda dalam membuat surat lamaran pekerjaan Anda. Anda tinggal mengembangkan isi per paragraf dan menyesuaikannya dengan keperluan Anda.

Surabaya,11 Mei 2024

Kepada Yth:
Bapak Budi Santoso
Kepala HRD PT. Nilam Perdana
Jl. Sumatera No. 413Grobogan, Surabaya

Dengan hormat,

Berdasarkan iklan lowongan pekerjaan yang dimuat dalam koran Merdeka 45 edisi Senin, 10 Mei 2024 di mana tertulis PT. Nilam Perdana membutuhkan karyawan baru untuk mengisi posisi marketing, maka saya yang bertandatangan di bawah ini:

Nama : Yustinus Agung Prasetyo
Jenis Kelamin : Laki-Laki
Tempat dan Tanggal Lahir : Yogyakarta, 1Desember 1989
Pendidikan Terakhir : S1 Ekonomi
Alamat Saat Ini : Jl. Siliwangi No. 16D Surabaya
Telepon : 08132890186
Alamat Email : yustinusprasetyo@gmail.co.id

Mengajukan diri untuk melamar sebagai staff marketing di perusahaan yang Bapak pimpin. Saya merupakan lulusan jurusan ekonomi yang sudah memiliki pengalaman kerja di bidang marketing, di antaranya adalah sebagai telemarketing, on-field marketing, dan lain sebagainya. Dengan pengalaman kerja saya, saya yakin saya bisa berkontribusi dengan baik di perusahaan yang Bapak pimpin.

Besar harapan saya untuk bisa bekerja di perusahaan yang Bapak pimpin. Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan beberapa dokumen pelengkap, termasuk daftar riwayat hidup, foto copy ijazah terakhir (terlegalisir), foto copy transkrip nilai (terlegalisir), foto copy ktp, foto copy surat kelakuan baik, pas photo berwarna terbaru dengan ukuran 4x6, dan surat pengalaman kerja dari perusahaan-perusahaan di mana saya bekerja sebelumnya.

Demikian surat lamaran kerja ini saya buat dengan sebenar-benarnya. Terima kasih atas perhatian Bapak.

Hormat saya

Y. Agung Prasetyo


4. Contoh Surat Lamaran Kerja Umum

Berikut adalah contoh surat lamaran kerja yang umum. Artinya, kebanyakan surat lowongan kerja menggunakan format seperti ini. Anda bisa menggunakan format ini untuk membuat surat lamaran kerja yang ditujukan untuk perusahaan/instansi apapun.

Semarang,30 November 2024

Kepada Yth:
HRD PT. Oxlade Printing,
Jl. Macan Putih, Gang IV, No. 4DSemarang

Dengan hormat,

Saya yang bertandatangan di bawah ini:
Nama : Davina Arta Sari
Tempat dan Tanggal Lahir : Denpasar, 11Mei 1990
Jenis Kelamin : Perempuan
Pendidikan Terakhir : D3-Desain Grafis
Alamat Saat Ini : Jl. Panjang No. 11Semarang Barat
Telepon : 0871325808
Email : davinartist@gmail.com

Mengungkapkan ketertarikan saya pada lowongan kerja di perusahaan Bapak/Ibu sebagaimana diposting di website www.berdasi.com di mana PT. Oxlade Printing sedang mencari seorang desainer grafis. Saya merupakan lulusan jurusan Desain Grafis Institut Seni Indonesia Denpasar dan saya sudah memiliki pengalaman kerja sebagai desainer grafis di beberapa perusahaan sebelumnya. Dengan kemampuan saya di bidang desain grafis dan pengalaman kerja saya, saya yakin saya bisa memberikan kontribusi positif untuk perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin.

Untuk bahan pertimbangan, saya melampirkan dokumen pelengkap bersamaan dengan surat ini. Dokumen-dokumen yang saya lampirkan antara lain adalah daftar riwayat hidup, foto copy ijazah terakhir, foto copy transkrip nilai, foto copy KTP, pas photo berwarna terbaru dengan ukuran 4x6, surat pengalaman kerja, foto copy surat bebas narkoba, dan foto copy SKCK.

Besar harapan saya agar dapat diberikan kesempatan untuk berkarir di perusahaan Bapak/Ibu. Saya berharap bisa masuk ke tahap wawancara agar saya bisa menjelaskan tentang diri saya dan potensi saya lebih lanjut kepada Bapak/Ibu.

Demikian surat lamaran kerja ini saya buat dengan sebenar-benarnya. Saya mengucapakan banyak terima kasih atas perhatian Bapak / Ibu.

Hormat saya

Davina A. Sari


5. Contoh Surat Lamaran Kerja di PT Sebagai Karyawan

Berikut adalah contoh surat permohonan kerja yang ditujukan kepada perusahaan berbentuk PT (Perseroan Terbatas) untuk posisi karyawan/staff. Surat lamaran pekerjaan ini dapat juga digunakan untuk melamar pekerjaan di PT dengan posisi-posisi lainnya.

Magelang, 15 Februari 2024

Kepada Yth:
HRD PT.Sinar Baru Properti
Jalan Harapan No.11 Magelang

Perihal: Lamaran Pekerjaan

Dengan Hormat,

Berdasarkan informasi iklan lowongan kerja yang dimuat di media cetak Bernas edisi Selasa, 14 Februari 2024 di mana tertulis PT. Sinar Baru Properti membuka lowongan pekerjaan untuk posisi karyawan/staff, dengan surat lamaran pekerjaan ini, saya ingin melamar pekerjaan di posisi tersebut. Berikut adalah data diri saya:

Nama : Tommy Gunardi Putra
Jenis Kelamin : Laki-Laki
Tempat Tanggal Lahir : Sleman, 16 Juli 1990
Pendidikan Terakhir : Sekolah Menengah Kejuruan
Status Pernikahan : Lajang
Alamat Saat Ini : Jl. Kali Raya, Gang Cendrawasih, No. 9Magelang
Telepon : 0857212942
Email : tommytommy@gmail.com

Untuk melengkapi bahan pertimbangan Bapak/Ibu, saya lampirkan juga dokumen-dokumen pendukung dan kelengkapan data diri sebagai berikut:
1. Pas Photo Berwarna Terbaru Berukuran 4x6
2. Daftar Riwayat Hidup/Curriculum Vitae (CV)
3. Foto Copy KTP
4. Foto Copy Ijazah Terakhir
5. Surat Keterangan Bebas NAPZA
6. SKCK

Demikian surat lamaran ini saya buat dengan penuh tanggung jawab dan dengan sebenar-benarnya. Atas perhatian Bapak/Ibu saya ucapkan terimakasih.

Hormat saya
Tommy G. Putra


6. Contoh Surat Lamaran Kerja Restoran

Berikut adalah contoh surat lamaran kerja yang ditujukan kepada sebuah restoran. Anda bisa menggunakan surat ini untuk melamar pekerjaan sebagai koki, waiter/waitress, atau posisi-posisi lainnya di sebuah restoran atau kafe.

Yogyakarta, 1Juli 2024

Kepada Yth:
Ibu Linda Liem
Pemilik Restoran “Sour and Spicy”
Jalan Kusumanegara No.18Yogyakarta

Dengan Hormat,

Dengan surat lamaran ini saya menyatakan ketertarikan untuk melamar pekerjaan sebagai asisten koki di restoran yang Ibu pimpin. Berdasarkan informasi iklan lowongan kerja yang dimuat di website berdasi.com Sabtu, 29Juni 2024 di mana tertulis Restoran “Sour and Spicy”membutuhkan seorang asisten koki. Saya memiliki pengalaman kerja dan latar belakang pendidikan yang cocok untuk mengisi lowongan pekerjaan tersebut. Berikut adalah data diri saya:

Nama : Arlanda Dwi Saputra
Jenis Kelamin : Laki-Laki
Tempat Tanggal Lahir : Bantul, 19Maret 1991
Pendidikan Terakhir : Sekolah Menengah Kejuruan (Bidang Keahlian Kuliner)
Status Pernikahan : Belum Menikah
Alamat Saat Ini : Darujati RT. 14 RW. 09, Ganjuran, Bantul
Telepon : 085642541970

Berikut ini juga saya lampirkan juga dokumen-dokumen lain dan kelengkapan data diri sebagai bahan pertimbangan Ibu:

1. Daftar Riwayat Hidup/Curriculum Vitae (CV)
2. Foto Copy KTP
3. Foto Copy Ijazah Terakhir
4. Pas Photo Berwarna Terbaru Berukuran 4x6
5. Surat Keterangan Magang/ Internship
6. SKCK
7. Surat Pengalaman Kerja

Demikian surat lamaran ini dibuat oleh saya sendiri dengan sebenar-benarnya, dengan penuh kesadaran, dan juga dengan penuh tanggung jawab. Saya ucapkan terima kasih atas perhatian yang Ibu berikan.

Hormat saya
Arlanda Dwi S.


Demikian tadi contoh-contoh surat lamaran kerja untuk berbagai bidang dan keperluan yang berdasi.com bisa bagikan. Anda bisa melihat cara membuat surat lamaran kerja di pabrik, di PT, maupun di restoran dari contoh-contoh di atas. 

Jangan lupa untuk selalu memperhatikan kerapian tulisan tangan saat menyalin surat-surat di atas dan mengirimkannya ke perusahaan tempat Anda melamar kerja. Selain itu, alangkah lebih baiknya jika surat lamaran kerja yang dibuat dengan tulisan tangan dilengkapi juga dengan daftar riwayat hidup tulis tangan.Surat-surat lamaran kerja di atas tadi dapat digunakan juga sebagai surat lamaran kerja via email atau HP. 


Jika Anda memang berniat mengirimkan surat lamaran pekerjaan melalui surat elektronik atau email atau dengan menggunakan HP, surat-surat ini bisa diketik ulang atau disalin pada dokumen baru dan diganti sesuai dengan kebutuhan Anda.