9 Contoh Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris dan Terjemahannya Lengkap

Berdasi Com
Membuat surat lamaran kerja dalam Bahasa Inggris sebenarnya tak ada bedanya dengan membuat surat lamaran kerja pada umumnya. Hal terpenting yang harus diperhatikan pada saat membuat surat lamaran kerja berbahasa Inggris adalah bahasa yang formal, format yang benar, dan tata cara penulisan yang baku, baik, dan benar. 

Meski tak semua perusahaan mengharuskan pelamar kerja mengirim surat lamaran yang menggunakan Bahasa Inggris, namun alangkah baiknya jika Anda tetap mengirim surat dengan bahasa yang telah memenuhi standar internasional tersebut sehingga Anda terlihat lebih profesional di mata perusahaan yang Anda lamar.

Banyak pencari kerja yang kesulitan saat harus menulis surat lamaran kerja dalam Bahasa Inggris. Mereka belum terbiasa menulis dalam Bahasa Inggris sehingga kesulitan saat harus menulis surat resmi dengan tata aturan penulisan yang baku. 

Alhasil, banyak di antara pencari kerja yang nekad menggunakan mesin translasi atau aplikasi translasi di internet untuk menterjemahkan surat lamaran dalam Bahasa Indonesia ke Bahasa Inggris.

Penggunaan mesin translasi terkadang membuat tata bahasa dan penempatan kata dalam hasil terjemahan menjadi berantakan. Ketika surat lamaran kerja berbahasa Inggris hasil mesin translasi tersebut tetap dikirim ke perusahaan, bagian HRD (Human Resources Department) yang membaca surat tersebut pasti akan menilai pelamar kerja tidak profesional dan tidak akan memproses surat lamaran tersebut.

Cara membuat lamaran kerja yang salah ini akan membuat Anda kesulitan untuk mendapatkan pekerjaan sesuai dengan yang Anda inginkan.



Meski surat lamaran kerja Bahasa Inggris singkat memiliki nilai tambah tersendiri, HRD tidak akan tertarik untuk membacanya jika bahasanya berantakan. Sebaliknya, jika surat ditulis dengan baik dan benar, HRD akan lebih bersemangat untuk membaca surat lamaran Anda dan ingin mengetahui kepribadian Anda lebih lanjut.

Jika Anda saat ini ingin membuat surat lamaran kerja dalam Bahasa Inggris atau menemukan lowongan pekerjaan Bahasa Inggris namun belum mengetahui contoh-contoh surat lamaran Bahasa Inggris yang bertata bahasa dan berformat baik, di bawah ini adalah 8 contoh surat lamaran kerja Bahasa Inggris dan terjemahannya lengkap. 

Contoh-contoh surat permohonan kerja di bawah ini ditujukan untuk melamar berbagai pekerjaan, mulai dari sekretaris hingga waitress. Anda tinggal pilih saja mana yang paling mendekati dengan pekerjaan yang Anda lamar dan Anda bisa edit sesuai kebutuhan Anda. 

Beberapa contoh lamaran pekerjaan di bawah ini sudah memenuhi standar penulisan Bahasa Inggris yang baik dan benar.

Berikut ini adalah 9 contoh surat lamaran kerja Bahasa Inggris dan terjemahannya lengkap:

Ikuti kami :
Instagram : @Loker_terbaru 

1. Contoh Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris Fresh Graduate
Di bawah ini adalah contoh surat lamaran pekerjaan berbahasa Inggris yang ditulis oleh fresh graduate/ pelamar yang baru lulus:

Baca : Lowongan Kerja Fresh Graduate

Yogyakarta, October 3rd 2024

Attention To: Human Resources Department
PT. Sinar Purnama Jati
Jalan Soekarno-Hatta No. 17
Yogyakarta

Dear Sir/Madam,

I have read from your job vacancy advertisement at Tribun Jogja and I found that your company is looking for employees for “Marketing Team” position. I believe the job is fit with my educational background and thus I found myself qualified for the job.

My name is Erna Putri. I am twenty two years old and I am a fresh graduate from Management Department of Yogyakarta State University (UNY Yogyakarta) on August this year. I have the qualifications that you want for the job. I have excellent motivation forprogress and growing, I can work both in a team and by myself, and most importantly I eager to learn.

Besides the basic knowledge I have from my educational background, I also have a good computer skill and I can communicate in English, both spoken and written.

With all the qualifications I mentioned above, I am confident that I can contribute effectively to your company. Herewith this letter I enclose my:

1. Copy of Bachelor Degree (S-1) Certificate and Academic Transcript.
2. Curriculum Vitae.
3. Recent photograph with size of 4×6

I appreciate your attention and I hope I can join your company soon and be the part of it.

Sincerely
Erna Putri

Terjemahan :
Yogyakarta, 3 Oktober 2024

Kepada: Human Resources Department
PT. Sinar Purnama Jati
Jalan Soekarno-Hatta No. 17
Yogyakarta

Kepada Bapak/Ibu,

Saya membaca lowongan pekerjaan di Tribun Jogja dan menemukan jika perusahaan bapak/ibu sedang mencari karyawan untuk posisi “Tim Marketing”. Saya percaya posisi tersebut cocok dengan latar belakang pendidikan saya dan menjadikan saya memenuhi syarat untuk melamar pekerjaan di posisi tersebut.

Nama saya Erna Putri. Saya berusia dua puluh dua tahun dan saya baru saja lulus dari jurusan Manajemen Universitas Negeri Yogyakarta bulan Agustus tahun ini. Satya memiliki kualifikasi yang bapak/ibu cari untuk lowongan pekerjaan tersebut. Saya memiliki motivasi yang baik untuk maju dan berkembang, saya bisa bekerja dalam tim maupun bekerja sendiri, dan yang terpenting saya mau belajar.

Selain ilmu dasar yang saya dapatkan dari latar belakang pendidikan saya, saya juga memiliki kemampuan menggunakan komputer dengan baik dan saya bisa berkomunikasi dengan Bahasa Inggris, baik secara lisan maupun tertulis.

Dengan semua kualifikasi yang saya sebutkan di atas, saya percaya jika saya bisa berkontribusi dengan efektif untuk perusahaan bapak/ibu. Bersama surat ini saya lampirkan.

1. Fotokopi Ijazah Sarjana (S1) dan Transkrip Nilai
2. Riwayat Hidup
3. Pas Foto Terakhir berukuran 4x6

Saya berterima kasih atas perhatian bapak/ibu dan saya berharap bisa bergabung dan menjadi bagian dari perusahaan bapak/ibu.

Hormat Saya,
Erna Putri

2. Contoh Surat Lamaran Kerja dalam Bahasa Inggris untuk Accounting
Di bawah ini adalah contoh surat lamaran pekerjaan berbahasa Inggris yang digunakan untuk melamar pekerjaan di posisi akunting:

Baca : Lowongan Kerja Accounting

Jakarta, July 22nd 2024

Attention To: Mr. Danu Wijaya
Head of Human Resource Department
PT. Bintang Abadi
Jalan Mangga No. 89B
Jakarta

Dear Mr. Danu Wijaya:
Based on the job vacancy advertisement in Tempo Magazine at July20th 2024, I believe there is a job vacancy in your company as anaccountant.

I consider myself to be qualified for the job. I have 4 years of experience in accounting and that might be an asset to your company, PT. Bintang Abadi, in aiming and reaching the company's goals in the future.

I got my bachelor degree in accounting 5 years ago and after that I completed a professional certification on tax. I have experience in accounting division in some companies and I am usually responsible for the preparation of monthly consolidate financial statements in the companies. I have experience in taking care of the management of the company and making public reporting.

Herewith this letter, I enclose my copy of Bachelor Degree Certificate, my academic transcript, my curriculum vitae, and my recent photograph with size of 4×6.

I have high hope to be qualified for the job and that I can be the part of your company in the near future.

Sincerely,
Citra Kirana


Terjemahan :
Jakarta, 22 Juli 2024

Kepada: Bapak Danu Wijaya
Kepala Human Resource Department
PT. Bintang Abadi
Jalan Mangga No. 89B
Jakarta

Yang terhormat Bapak Danu Wijaya:

Berdasarkan iklan lowongan pekerjaan di Majalah Tempo tanggal 20 Juli 2024, saya percaya jika ada lowongan pekerjaan sebagai seorang akuntan di perusahaan bapak.

Saya mempertimbangkan jika saya memenuhi syarat untuk lowongan pekerjaan tersebut. Saya memiliki 4 tahun pengalaman di bidang akuntansi dan hal tersebut mungkin bisa menjadi aset untuk perusahaan bapak, PT. Bintang Abadi, dalam mencapai target perusahaan di masa yang akan datang.

Saya memperoleh gelar sarjana di bidang akuntansi 5 tahun yang lalu dan setelah itu saya menyelesaikan program sertifikasi perpajakan profesional. Saya memiliki pengalaman di divisi akuntansi di beberapa perusahaan dan saya biasanya bertanggung jawab untuk pembuatan laporan keuangan bulanan di perusahaan-perusahaan tersebut. Saya memiliki pengalaman dalam mengurus manajemen perusahaan dan membuat laporan publik

Bersama surat ini saya lampirkan fotokopi ijazah sarjana, transkrip nilai, daftar riwayat hidup, dan pas foto terakhir ukuran 4x6.

Saya memiliki harapan besar untuk bisa memenuhi syarat untuk pekerjaan tersebut dan menjadi bagian dari perusahaan bapak.

Hormat Saya,
Citra Kirana

3. Contoh Surat Lamaran Kerja dalam Bahasa Inggris untuk Sekretaris
Di bawah ini adalah contoh surat lamaran pekerjaan berbahasa Inggris yang digunakan untuk melamar pekerjaan di posisi sektretaris:

Baca : Lowongan Kerja BUMN terbaru

Semarang, May 4th 2024

Attention To: Human Resources Department
PT. Angkasa Raya Baru
Jalan Jenderal Sudirman No. 90D
Semarang

Dear Sir or Madam,

I am writing to you to ask about the possibility of working in your company, PT. Angkasa Raya Baru. I found a job vacancy advertisement in Suara Pembaharuanthat your company needs a secretary and I consider myself to have the proper experience to qualify for the job.

My name is Debbie Sari Aprilia. I am twenty four years old. I have an educational background as a secretary from Akademi Sekretari Budi Luhur Yogyakarta (Budi Luhur Academy of Secretary) where I graduated two years ago. I have experience as secretary from some companies I have worked before as well.

With my educational background and my previous experience as secretary, I am confident that I have enough qualifications and skills to contribute to your company. In addition, I have excellent skill to operate the computer, including to work with Microsoft Office. I also speak fluently in English and I write in English with no difficulty as well. I can work independently or in a team. I am also a hard worker who always want to progress and grow and also, I am very eager to learn.

Herewith the letter, I enclose my resume and some other documents which outlines my qualifications in more detail.

I look forward to hearing from you soon and I have high hope to join your company.

Sincerely,
Debbie Sari Aprilia


Terjemahan :
Semarang, 4 Mei 2024

Kepada: Human Resources Department
PT. Angkasa Raya Baru
Jalan Jenderal Sudirman No. 90D
Semarang

Kepada Bapak/Ibu,

Saya menulis surat ini untuk menanyakan tentang kemungkinan bekerja di perusahaan yang bapak/ibu pimpin, PT. Angkasa Raya Baru. Saya menemukan iklan lowongan pekerjaan di koran Suara Pembaharuan yang menyatakan jika perusahaan bapak/ibu membutuhkan seorang sekretaris dan menurut saya, saya memiliki pengalaman yang cocok untuk bisa memenuhi syarat di lowongan pekerjaan tersebut.

Nama saya Debbie Sari Aprilia. Saya berusia dua puluh empat tahun. Saya memiliki latar belakang pendidikan sebagai sekretaris dari Akademi Sekretaris Budi Luhur Yogyakarta di mana saya lulus dua tahun yang lalu. Saya juga memiliki pengalaman sebagai sekretaris dari beberapa perusahaan di mana saya pernah bekerja sebelumnya.

Dengan latar belakang pendidikan yang saya miliki dan pengalaman kerja sebagai sekretaris sebelumnya, saya yakin jika saya cukup memenuhi syarat untuk berkontribusi dalam perusahaan bapak/ibu. Sebagai tambahan, saya memiliki kemampuan baik dalam mengoperasikan komputer, termasuk dalam bekerja dengan menggunakan Microsoft Office. Saya juga lancar berbicara dengan Bahasa Inggris dan saya bisa menulis dalam Bahasa Inggris tanpa kesulitan. Saya dapat bekerja sendiri maupun di dalam tim. Saya juga seorang pekerja keras yang selalu ingin maju dan berkembang, serta saya juga selalu ingin belajar.

Bersama surat ini saya lampirkan riwayat hidup dan beberapa dokumen pelengkap yang bisa menunjukkan kualifikasi saya lebih detail.

Saya berharap dapat segera mendengar kabar dari bapak/ibu dan saya memiliki harapan tinggi untuk bergabung dengan perusahaan bapak/ibu.

Hormat Saya,
Debbie Sari Aprilia

4. Contoh Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris untuk Hotel
Di bawah ini adalah contoh surat lamaran pekerjaan berbahasa Inggris yang ditulis untuk melamar pekerjaan di hotel:

Baca : Lowongan Kerja Hotel

Surakarta, September 13rd 2024

Attention to:
Head Manager Fairy Sky Hotel
Jalan Pangeran Suropati No. 22
Surakarta

Dear Sir or Madam,

With this letter I would like to apply for a job as Assistant Manageras it was advertised inTribun Solo job opportunity post on September 1st 2024.

I have more than 5 years of experience as an assistant managerin several hotels, including a three-star hotel and two five-star hotels. I have excellent skills in hotel management and I haveexcellent computer skill as well. I can communicate in English fluently, both written and orally. My educational background is also hotel-related since I am an alumnus of Yogyakarta International Hotel School.

I am looking for to expand my experience and get better career in Fairy Sky Hotel and hoping that I have enough qualifications to get the job. For your consideration, I have enclosed my curriculum vitae:

Name : Angga Saputra Wijaya
Place/Date of Birth : Yogyakarta, December 1st 1988
Address : Jl. Dederuk no. 7, Surakarta 55678
Email : anggaswijay@gmail.com
Marital Status : Single
Last Education : S1- Hotel Management

I look forward to hearing from you soon and I hope I can explain myself and my potential more in an interview.

Sincerely,
Angga S. Wijaya


Terjemahan :
Surakarta, 13 September 2024

Kepada:
Kepala Manager Fairy Sky Hotel
Jalan Pangeran Suropati No. 22
Surakarta

Kepada Bapak/Ibu,

Bersama dengan surat ini saya ingin melamar pekerjaan sebagai asisten manager sebagaimana diiklankan di lowongan kerja koran Tribun Solo pada tanggal 1 September 2024.

Saya memiliki lebih dari 5 tahun pengalaman sebagai asisten manager di beberapa hotel, termasuk di satu hotel berbintang tiga dan dua hotel berbintang lima. Saya memiliki kemampuan yang baik dalam manajemen perhotelan dan saya juga memiliki kemampuan mengoperasikan computer dengan baik. Saya bisa berkomunikasi dalam Bahasa Inggris dengan lancar, baik secara tertulis maupun lisan. Latar belakang pendidikan saya juga berhubungan dengan perhotelan karena saya adalah lulusan Sekolah Perhotelan Internasional Yogyakarta.

Saya ingin mengembangkan pengalaman saya dan mendapatkan karir yang lebih baik di Fairy Sky Hotel dan saya berharap saya cukup memenuhi syarat untuk mendapatkan pekerjaan ini. Sebagai bahan pertimbangan, saya menyertakan riwayat hidup saya:

Nama : Angga Saputra Wijaya
Tempat Tanggal Lahir : Yogyakarta, 1 Desember 1988
Alamat : Jl. Dederuk no. 7, Surakarta 55678
Email : anggaswijay@gmail.com
Status Pernikahan : Belum Menikah
Pendidikan Terakhir : S1- Manajemen Perhotelan

Saya berharap dapat segera mendengar kabar dari bapak/ibu dan saya berharap bisa menjelaskan lebih banyak tentang diri saya dan potensi saya dalam tahapan wawancara.

Hormat Saya,
Angga S. Wijaya


5. Contoh Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris untuk Restaurant
Di bawah ini adalah contoh surat lamaran pekerjaan berbahasa Inggris yang digunakan untuk melamar pekerjaan di sebuah restoran:


Surabaya, February 15th 2024

Attention to: Human Resource Department
Bruch and Bed Restaurant
Jalan Pembangunan Baru no. 90
Surabaya

Dear Sir / Madam,

I have read a job vacancy advertisement in Surabaya Post that Bruch and Bed Restaurant is looking for employees to be placed in several different positions. Based on the advertisement and my educational background, I am interested in applying for the position of Head of Kitchen Manager.

My name is Sarah Lee Purnama. I am thirty years old. I have graduated from Alexander Green International Culinary School Jakarta July 2010. I specialize inrestaurant management. I consider myself that I have the proper qualifications for the head of kitchen manager position that your restaurant want.

Besides of the suitable educational background that I have, I have a good motivation for progress and development as well. I am excellent at team leading, working with team, and work individually. I am an eager learner with huge passion in culinary world. I possess excellent computer skills and I can communicate in several other language beside Bahasa Indonesia. I can speak and write fluently in English, Mandarin, and French.

With my qualifications, I am sure that I will be able to contribute effectively to your company. I enclose herewith:

• Copy Bachelor (S-1) Certificates and academic transcripts.
• Curriculum Vitae.
• Recent photograph in 4×6 size

I thank you for the attention and I am looking forward to hearing for you as well as looking forward to join and work in your company.

Sincerely,
Sarah Lee P.


Terjemahan :

Surabaya, 15 Februari 2024

Kepada: Human Resource Department
Bruch and Bed Restaurant
Jalan Pembangunan Baru no. 90
Surabaya

Kepada Bapak/Ibu:

Saya membaca lowongan pekerjaan di koran Surabaya Post yang menyatakan bahwa Bruch and Bed Restaurant sedang mencari karyawan yang akan mengisi beberapa posisi yang berbeda. Berdasarkan iklan tersebut dan berdasarkan latar belakang pendidikan yang saya miliki, saya tertarik untuk melamar pekerjaan untuk posisi kepala manajemen dapur.

Nama saya Sarah Lee Purnama. Saya berusia tiga puluh tahun. Saya lulus dari Sekolah Kuliner Internasional Alexander Green Jakarta pada bulan Juli tahun 2010. Saya memiliki keahlian khususnya pada bidang manajemen restoran. Saya mempertimbangkan jika diri saya memiliki kualifikasi yang memenuhi syarat untuk posisi kepala manajemen dapur yang diinginkan oleh restoran bapak/ibu.

Selain latar belakang pendidikan yang cocok, saya juga memiliki motivasi tinggi untuk maju dan berkembang. Saya berkemampuan baik dalam memimpin sebuah tim, bekerja dalam tim, ataupun bekerja sendiri. Saya memiliki keinginan untuk terus-menerus belajar dan saya memiliki hasrat yang tinggi dalam dunia kuliner. Saya memiliki kemampuan mengoperasikan computer dengan baik dan saya dapat berkomunikasi dalam beberapa bahasa lain selain Bahasa Indonesia. Saya lancar berbicara dan menulis dalam Bahasa Inggris, Bahasa Mandarin, dan Bahasa Perancis.

Dengan kualifikasi yang saya miliki, saya yakin jika saya dapat berkontribusi secara efektif untuk perusahaan bapak/ibu. Dengan surat ini saya melampirkan:

• Fotokopi ijazah S1 dan transkrip nilai
• Daftar riwayat hidup
• Pas foto terakhir berukuran 4×6

Saya berterima kasih atas perhatiannya dan saya berharap mendengar kabar dari bapak/ibu dengan segera dan juga berharap dapat bergabung dengan perusahaan bapak/ibu.

Hormat Saya,
Sarah Lee P.

6. Contoh Surat Lamaran Kerja Chef dalam Bahasa Inggris
Di bawah ini adalah contoh surat lamaran pekerjaan berbahasa Inggris yang digunakan untuk melamar pekerjaan sebagai chef/koki:


Medan, July 23rd 2024

Attention To: Mr. Scott Stone
Owner of Stone's Burgers and Grill
PerumMajapahit Baru Kav. 25D, Kebun Arca
Medan

Dear Sir,

With this letter, I would like to express my interest in working in your restaurant as Head Chef.I read an advertisement of job vacancy in your restaurant and noticed that your restaurant is looking for a new head chef. Since I am a professional chef with years of experience in numerous restaurant, I consider myself to be fit and proper for the job and thus I hereby send my letter of application.

My name is Andi Johan. I am now thirty two years old. I graduated from Prince John International Culinary School in Birmingham, United Kingdom back in 2007 and since then I have worked as chef in several different restaurants, both in the UK and in Indonesia. I specialize in western cuisine, fusion cuisine, and Mediterranean cuisine as well.

I have been in position as head chef before and I am excellent at running a kitchen and lead a team. Beside of that, I also have the skill to communicate in Bahasa Indonesia, English, French, and a little bit of Italian.

With my educational background and my previous experience as chef, I am confident that I am suitable for the head chef position for your restaurant. I have read about your restaurant at a glance and the menu served there are exactly in my specialty.

Herewith the letter, I enclose my resume and some other documents to explain my qualifications in more detail.

I am thrilled if I can join your restaurant and I have such a high hope for that. I am looking forward to hearing from you soon.

Sincerely,
Andi Johan



Terjemahan :
Medan, 23 Juli 2024

Kepada: Bapak Scott Stone
Pemilik Stone's Burgers and Grill
Perum Majapahit Baru Kav. 25D, Kebun Arca
Medan

Bapak yang terhormat,

Bersama dengan surat ini, saya ingin mengungkapkan ketertarikan saya untuk bekerja di restoran bapak sebagai kepala koki. Saya membaca iklan lowongan pekerjaan di koran Harian Medan dan menemukan jika restoran bapak sedang mencari seorang kepala koki yang baru. Karena saya adalah koki profesional yang memiliki pengalaman bertahun-tahun di beberapa restoran berbeda, saya mempertimbangkan jika saya cocok untuk mengisi lowongan pekerjaan tersebut dan dengan ini saya mengirimkan surat lamaran pekerjaan.

Nama saya Andi Johan. Saya berusia tiga puluh dua tahun saat ini. Saya lulus dari Sekolah Kuliner Internasional Prince John di Birmingham, Inggris pada tahun 2007. Sejak itu, saya telah bekerja sebagai koki di beberapa restoran berbeda, baik di Inggris maupun di Indonesia. Saya memiliki keahlian khusus di masakan barat, masakan fusion (campuran), dan masakan khas Mediterania.

Saya pernah bekerja sebagai kepala koki sebelumnya dan saya memiliki kemampuan yang baik dalam mengelola dapur dan memimpin tim. Selain itu, saya juga memiliki kemampuan berkomunikasi dengan Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Bahasa Perancis, dan sedikit Bahasa Italia.

Dengan latar belakang pendidikan dan pengalaman kerja saya sebelumnya, saya yakin jika saya cocok untuk menjadi kepala koki di perusahaan bapak. Saya telah membaca sedikit tentang restoran bapak dan menu-menu yang disajikan di sana cocok dengan keahlian saya.

Dengan surat ini, saya menyertakan riwayat hidup dan beberapa dokumen pendukung lainnya untuk menjelaskan lebih detail tentang keahlian saya.

Saya sangat bersemangat jika saya dapat bergabung dengan restoran bapak dan saya memiliki harapan tinggi untuk itu. Saya berharap dapat mendengar kabar dari bapak dalam waktu dekat.

Hormat Saya,
Andi Johan

7. Contoh Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris untuk Guru
Di bawah ini adalah contoh surat lamaran pekerjaan berbahasa Inggris yang digunakan untuk melamar pekerjaan di posisi guru:


Malang, August23rd 2024

Attention To: Mrs. Sundari Julia
Head of Human Resources Department
“Weston and Bernard” English Training Center
Jalan Kyai Mojo No. 89B, Kasepuhan
Malang

Dear Madam,

I have read from your job vacancy advertisement in English Education Magazine and I do believe that your company is currently looking for an English teacher. I hereby express my interest in applying for the job because I believe the job is suitable to my educational background, making myself qualified properly for the job.

My name is Amy Yohana. I am twenty six years old and I am an alumni of English Language and Literature department of Purnama Baru University.Based on the job vacancy advertisement, I have the proper qualifications for the job. First of all, I am fully capable to speak, write, and communicate in English. Second, I have been working as English teacher in several English courses and schools before. Third, I have excellent motivation forprogress and growing and I also eager to learn. Last but not least, I have the passion in education and thus teaching children will be a delight for me.

With all the qualifications I mentioned above, I am sure that I am the suitable English teacher you have been looking for. Herewith this letter I enclose my:

1. Copy of Bachelor Degree (S-1) Certificate and Academic Transcript.
2. Curriculum Vitae.
3. Recent photograph with size of 4×6

I appreciatethe attention you give to my letter and I hope we can work together in the near future.

Sincerely,
Amy Yohana


Terjemahan :
Malang, 23 Agustus 2024

Kepada: Ibu Sundari Julia
Kepala Human Resources Department
“Weston and Bernard” English Training Center
Jalan Kyai Mojo No. 89B, Kasepuhan
Malang

Ibu yang terhormat,

Saya telah membaca iklan lowongan pekerjaan yang dimuat di Majalah English Education dan saya percaya jika perusahaan ibu saat ini sedang mencari guru bahasa Inggris. Dengan ini saya mengungkapkan ketertarikan saya untuk melamar pekerjaan tersebut karena pekerjaan tersebut cocok dengan latar belakang pendidikan saya dan membuat saya memenuhi syarat.

Nama saya Amy Yohana. Saya berusia dua puluh enam tahun dan saya merupakan alumni jurusan Bahasa dan Sastra Inggris di Universitas Purnama Baru. Berdasarkan iklan lowongan pekerjaan yang diiklankan tersebut, saya termasuk memenuhi syarat. Pertama, saya dapat berbicara, menulis, dan berkomunikasi dalam Bahasa Inggris. Kedua, saya telah memiliki pengalaman bekerja sebagai guru Bahasa Inggris di beberapa tempat kursus Bahasa Inggris dan beberapa sekolah sebelumnya. Ketiga, saya memiliki motivasi yang baik untuk maju, berkembang, dan juga saya senang belajar. Terakhir, saya memiliki ketertarikan tinggi pada dunia pendidikan sehingga mengajar anak-anak akan menjadi kesenangan tersendiri bagi saya.

Dengan semua kualifikasi yang saya sebutkan di atas, saya yakin jika saya cocok menjadi guru Bahasa Inggris yang sedang ibu cari saat ini. Bersama dengan surat ini, saya lampirkan:

1. Fotokopi ijazah S1 dan transkrip nilai
2. Daftar riwayat hidup
3. Pas foto terakhir berukuran 4×6

Saya berterima kasih atas perhatian yang ibu berikan dan saya berharap kita bisa bekerja sama dalam waktu dekat.

Hormat saya,
Amy Yohana

8. Contoh Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris untuk Finance
Di bawah ini adalah contoh surat lamaran pekerjaan berbahasa Inggris yang digunakan untuk melamar pekerjaan di posisi finance:


Jakarta, June 22nd 2024

Human Resources Department
PT.Bumi Merdeka Raya
Jalan Bhineka III No. 27, Pancoran
Jakarta Selatan

Dear hiring staff,

I am writing this letter to express my interest in applying a job in your company as Finance Staff.I read a job vacancy post advertised in Suara Merdeka on June 20th 2023 informing that your company, PT. Bumi Merdeka Raya, opens several job vacancies for different positions, including finance staff. Based on the educational background that I have, I consider myself to be suitable for the job.

My name is Andre Antonio. I am a fresh graduate from Perjuangan University, Faculty of Economic and Business, majoring in Accountancy. I graduated with honor and my total GPA is 3.80 of 4.00.

I am an enthusiast person, willing and eager to learn every time. Beside of that, I am a disciplined person, great at time management, anda hard worker. Although I have not possessed any working experience yet, I believe that I can give positive contribution to your company. I interact easily with people, making it easy for me to work in team or individually. In addition, I have good ability in operating computer and I also have no difficulty to communicate in English, written or spoken.

Working in your company will surely be a great honor for me and I am certain that your company is the right place for my career to begin. My Curriculum Vitae and other supporting documents are enclosed along this letter so that you can use them to get further information about me and my qualification.

I am looking forward for a possible interview with you so that we can discuss more about myself and my capabilities. Thank you very much for your attention.

Sincerely yours,

Andre Antonio



Terjemahan :
Jakarta, 22 Juni 2024

Human Resources Department
PT.Bumi Merdeka Raya
Jalan Bhineka III No. 27, Pancoran
Jakarta Selatan

Tim rekrutmen yang terhormat,

Saya menulis surat ini untuk mengungkapkan ketertarikan untuk melamar pekerjaan di perusahaan Anda sebagai staff finance. Saya membaca lowongan pekerjaan yang dimuat dalam koran Suara Merdeka edisi 20 Juni 2023 yang menginformasikan jika perusahaan Anda, PT. Bumi Merdeka Raya, membuka beberapa lowongan pekerjaan untuk beberapa posisi berbeda, termasuk untuk bagian staff finance. Berdasarkan latar belakang pendidikan yang saya miliki, saya mempertimbangkan jika saya cocok untuk mengisi lowongan pekerjaan tersebut.

Nama saya Andre Antonio. Saya merupakan lulusan baru dari Universitas Perjuangan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, jurusan akuntansi. Saya lulus dengan pujian dan total IPK saya adalah 3,80 dari skala 4,00.

Saya merupakan seseorang yang memiliki antusias tinggi, mau dan senang untuk belajar kapanpun. Selain itu, saya merupakan seseorang yang disiplin, baik dalam manajemen waktu, dan seorang pekerja keras. Meski saya belum memiliki pengalaman pekerjaan sebelumnya, saya percaya jika saya tetap bisa memberikan kontribusi positif pada perusahaan Anda. Saya dapat berinteraksi dengan orang lain dengan mudah dan membuat saya dapat bekerja dalam tim maupun bekerja sendiri. Sebagai tambahan, saya memiliki kemampuan yang baik dalam mengoperasikan computer dan saya juga tidak kesulitan dalam berkomunikasi dengan Bahasa Inggris, baik tertulis maupun lisan.

Bekerja di perusahaan Anda tentunya menjadi kehormatan tersendiri bagi saya dan saya yakin perusahaan Anda merupakan tempat yang tepat untuk memulai karir saya. Daftar riwayat hidup dan dokumen pendukung lainnya saya lampirkan bersama dengan surat ini sehingga bisa Anda gunakan untuk memperoleh informasi lebih lanjut tentang saya dan kualifikasi saya.

Saya menantikan kemungkinan wawancara dengan Anda sehingga kita bisa mendiskusikan lebih banyak tentang diri saya dan tentang kemampuan saya. Terima kasih banyak untuk perhatian Anda.

Hormat Saya,

Andre Antonio


9. Contoh Surat Lamaran Kerja Waitress dalam Bahasa Inggris
Di bawah ini adalah contoh surat lamaran pekerjaan berbahasa Inggris yang digunakan untuk melamar pekerjaan di posisi waiter/waitress/pelayan:


Pekalongan, March 3rd 2024

Attention to: Mrs. Tiffany Padma
Head of Recruitment Division, Orion Café and Longue
Jalan Cut Nyak Dien No. 15, Wiradesa
Pekalongan

Dear Madam,

With this letter I would like to apply for a job as Assistant Manager as it was advertised in Tribun Solo job opportunity post on September 1st 2020.

I read a job vacancy advertisement posted on www.berdasi.com informing that your café, Orion Café and Longue, is in need of several waiters and waitresses. Based on that advertisement, I would like to apply for a job as waitress in the café.


I have been waiting tables in several café and restaurants before for the last two years, including one café in Denpasar, Bali. I possess good communication skills, both to the coworkers and to the guests of the café and restaurant. Beside of that, I am also a very enthusiast and easy-going person. I can fluently speak and write in English as well.

With all my experience, I hope that I have enough qualifications to get the job. I hereby enclose my curriculum vitae for your consideration:

Name : Hilma Tania Perdanawati
Place/Date of Birth : Pekalongan, November 26th 1994
Address : Jl. Jayakarta no. 27, Pekalongan 88907
Marital Status : Single
Last Education : Senior High School

I look forward to hearing from you soon and I hope I can expand my experience by working at your café. Thank you for your attention.

Sincerely,
Hilma Tania P.



Terjemahan :
Pekalongan, 3 Maret 2024

Kepada Ibu Tiffany Padma
Kepala Bagian Perekrutan, Orion Café and Longue
Jalan Cut Nyak Dien No. 15, Wiradesa
Pekalongan

Ibu yang terhormat,
Saya membaca iklan lowongan pekerjaan yang diposting di www.berdasi.com di mana diinformasikan jika kafe ibu, Orion Café and Lounge, sedang membutuhkan beberapa pelayan. Berdasarkan lowongan pekerjaan tersebut, saya ingin melamar pekerjaan sebagai pelayan wanita/waitress di kafe tersebut.

Saya telah bekerja sebagai pelayan di beberapa kafe dan restoran selama dua tahun terakhir ini, termasuk di satu kafe di Denpasar, Bali. Saya memiliki kemampuan berkomunikasi yang bagus, baik kepada teman-teman kerja maupun kepada tamu-tamu kafe dan restoran. Selain itu, saya juga sangat antusias dan periang. Saya dapat berkomunikasi dengan baik dalam Bahasa Inggris, baik lisan maupun tertulis.

Dengan semua pengalaman saya, saya berharap jika saya memiliki kualifikasi yang cukup untuk mendapatkan pekerjaan ini. Dengan ini saya melampirkan riwayat hidup saya untuk pertimbangan lebih lanjut:

Nama : Hilma Tania Perdanawati
Tempat Tanggal Lahir : Pekalongan, 26 November 1994
Alamat : Jl. Jayakarta no. 27, Pekalongan 88907
Status Pernikahan : Lajang/ Belum Menikah
Pendidikan Terakhir : Sekolah Menengah Atas

Saya menunggu kabar dari ibu dan saya berharap dapat menambah pengalaman saya dengan bekerja di café milik ibu. Terima kasih atas perhatiannya.

Hormat Saya,
Hilma Tania P.

Demikian tadi beberapa contoh surat lamaran kerja dalam Bahasa Inggris dan terjemahannya. Sekarang Anda tak perlu lagi khawatir jika harus menulis surat lamaran berbahasa Inggris. Anda tinggal ambil salah satu dari contoh-contoh surat di atas dan menggantinya sesuai dengan kebutuhan Anda. 

Jangan lupa perhatikan iklan lowongan kerja yang dimuat di koran atau diposting di internet sehingga Anda bisa mencari referensi pada contoh surat lamaran pekerjaan dalam Bahasa Inggris beserta iklannya.

Contoh-contoh surat di atas dapat dipergunakan sebagai surat lamaran yang dikirim via surat pos atau surat lamaran via email atau HP. Dengan mengetahui contoh surat formal dalam Bahasa Inggris seperti di atas, Anda tidak akan kesulitan lagi saat menemukan lamaran pekerjaan Bahasa Inggris yang sesuai dengan latar belakang pendidikan dan kualifikasi Anda.


  • Lebih baru

    9 Contoh Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris dan Terjemahannya Lengkap