Tips Supaya Lulus Tes CPNS Dengan Nilai Tinggi

Berdasi Com
Tips Lulus Tes CPNS –  Bekerja menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) memang menjadi impian banyak orang. Ada beberapa alasan mengenai hal ini seperti, adanya jaminan penghasilan yang jelas, jaminan pensiun dan tunjangan lainnya.

Nah dalam tahap seleksi penerimaan CPNS, pengetahuan anda benar-banar akan di uji karena  anda bakal bersaing dengan ribuan peserta, dibutuhkan kerja keras supaya semua dapat berjalan dengan lancar.

Tips dan Kiat Lulus Tes CPNS


Oleh sebab itu, ketika anda ingin melamar menjadi PNS, maka jangan lupa untuk mempersiapkan semua dengan matang, dan tentu jangan lupa untuk berdoa kepada Allah Swt karena hanya dialah yang akan memberikan keputusan yang sebenarnya mengenai lulus tidaknya anda dalam test CPNS.

Selain itu minta doa restu kepada ibu/bapak, karena ridho ibu adalah ridho Allah Swt. Kemudian persiapan materi test, berlatih dengan soal-soal tes CPNS yang banyak beredar. persiapan fisik juga penting, jangan sampai sakit ketika waktu ujian.

Rahasia lulus cpns ?

Seperti yang kita ketahui bahwa tes seleksi CPNS menggunakan Sistem Computer Assisted Test (CAT) yang artinya semua peserta menggunakan komputer untuk menjawab soal-soal tes CPNS yang kemudian peserta dapat mengetahui nilai secara langsung di akhir tes.

Waktu yang diberikan untuk menyelesaikan soal test adalah 90 menit dan terdiri dari 35 wawasan kebangsaan (TWK) yang terdiri dari, sejarah Indonesia, aturan konstitusi di Indonesia,,pengamalan pancasila dan UUD 45. 30 soal tes inteligensia umum (TIU) seperti analisa numerik dan berfikir logis. 35 soal tes karakteristik pribadi (TKP) inti dari jawaban TKP biasanya yang mencerminkan sikap rela berkorban demi bangsa. Masing-masing soal memiliki nilai poin sendiri, seperti nilai intelegensia umum yang memiliki nilai 5 poin jika benar dan nilai 0 jika salah.

Nah selain persiapan-persiapan diatas, ada beberapa tips yang bisa anda persiapkan sebelum mejalani tes CPNS, dengan demikian supaya bisa lulus. Berikut ini beberapa tips dan kiat lulus tes CPNS :

1. Persiapan Umum

a. Jauh-jauh hari sebelum tes dilakukan, sebaiknya anda sudah mempersiapkan kemampuan anda, seperti belajar mengerjakan soal-soal test dari berbagai jenis dan bentuk, ada banyak buku soal-soal tes CPNS yang dijual di pasaran, anda bisa mencarinya sebagai bahan latihan mengenal jenis soal, dengan demikian anda akan terbiasa dengan mengerjakan soal dengan cepat dan tepat.

b. Cari tahu tentang instansi pemerintahan yang mengadakan ujian seleksi. Biasanya baik secara tertulis maupun saat wawancara, biasanya soal-soal yang diberikan bisa menyangkut instansi tersebut dan juga bidangnya.

c. Berfikir positif, jujur dan sportif
Persiapkan diri dengan menjadi kepribadian yang positif , jujur dan sportif hal ini penting, terlebih dalam proses wawancara.

d. Ikuti Informasi terbaru
Kemungkinan bisa jadi soal tes yang akan muncul adalah mengenai perkembangan-perkembangan atau kebijakan-kabijakan Negara/ instansi tersebut. Ikuti berita terbaru baik dengan cara membaca berita media online atapun dengan membaca buku.

2. Persiapan sebelum tes

a. Cari tahu jadwal tes
Setelah melakukan pendaftaran CPNS, jangan lupa mencari jadwal tes, Biasanya informasi ini akan di umumkan di website instansi terkait, catat dan ingat jadwal setiap tes. Jangan sampai anda tertinggal denga tidak mengikuti rangkai tes yang ada.

b. Tempat tes
Anda harus sudah tahu tempat yang akan di jadikan tempat tes, termasuk rute dan jam berapa anda harus berangkat ke TKP. Untuk jadwal berangkat sebaiknya anda bisa datang lebih awal, hal ini untuk mengatisipasi hal-hal yang tidak terduga dijalan raya, seperti macet.

c. Update terus informasi
Mencari tahu kapan dilaksanakan verifikasi berkas, apa saja berkas yang perlu dibawa, seperti KTP, peralatan dan juga kapan waktu pengambilan kartu peserta.

d. Jaga kesehatan
Jaga kesehatan dengan baik, seperti melakukan olahraga dan juga makan-makanan yang bergizi.

e. Beramal
Jangan lupa selalu ibadah dan beramal, seperti sedekah, insyaalah dengan sedekah Allah akan memberikan yang terbaik untuk kita, seperti lulus cpns

Tidak Lulus CPNS ? 

Mungkin akan kecewa jika mengalami kegagalan, namun hal ini jangan sampai membuat anda berlarut dalam kesedihan, percaya, mungkin ini bukan jalan yang terbaik untuk anda, dan percaya esok hari tuhan akan memberikan yang jauh lebih baik. Tetap semangat!

Demikian tips lulus CPNS,doa kami semoga anda bisa lolos seleksi, selamat berjuang dan semangat!