8 Cara Membuat Daftar Riwayat Hidup (CV) Lamaran Kerja yang Menarik

Berdasi Com
8 Cara Membuat Daftar Riwayat Hidup (CV) Lamaran Kerja yang Menarik- Daftar Riwayat Hidup atau Curriculum Vitae (CV) merupakan sebuah dokumen yang berisi mengenai gambaran diri anda, maka dalam membuat daftar riwayat hidup alangkah baiknya jika di buat sebaik dan semenarik mungkin, supaya dapat mencuri perhatian manager sehingga peluang mendapat pekerjaan akan lebih besar.

Perlu diingat kembali bahwa seorang manager perusahaan umumnya hanya melihat daftar riwayat hidup lamaran kerja (CV)  anda sekitar 6 detik saja, yang kemudian akan memutuskan, layak tidaknya resume tersebut lolos untuk melangkah tahap selanjutnya.

Cara Membuat Daftar Riwayat Hidup (CV) Lamaran Kerja

Maka dalam membuat daftar riwayat hidup (CV) tidak bisa dilakukan dengan asal-asalan, sebuah CV merupakan salah satu alat untuk mempromosikan diri kita kepada perusahaan, yang biasanya berisi seputar pendidikan dan keahlian yang kita miliki, dengan CV tersebut perusaahaan mengenal kita, untuk itu berikan kesan pertama yang baik ke peruahaan yang anda lamar dengan cara membuat daftar riwayat hidup (CV) yang baik dan menarik.

Berangkat dari situ berdasi.com akan berbagi 8 cara membuat  daftar riwayat hidup (CV) yang menarik.

1. Informasi kontak Anda
Berikan kontak anda secara ringkas dan jelas, seperti alamat email atau media social yang anda miliki, seperti facebook, Linkedln. Sehingga manager dengan mudah dapat langsung menilai diri anda.

2. Halaman CV yang menarik
Anda bisa berkreasi dalam membuat halaman resume, silahkan pilih tema yang pas, seperti jika anda seorang desain grafis maka bisa anda desain halaman resume anda dengan desain yang menarik.

3. Mereka Mencari Orang yang Tepat
Satu hal yang harus kita tekankan adalah bahwa mereka mencari orang yang tepat, maka uraikan secara ringkas tentang diri anda, seperti pengalaman dan prestasi. Hilangkan point resume yang tidak perlu, seperti “Tujuan” dalam CV.

4. Buat Sesuatu yang Beda
Karena waktu untuk melihat resume sangat singkat, maka seorang manager tentu akan membaca resume anda secara singkat, maka untujk menarik perhatian buatlah perbedaan setiap halaman resume, ini akan menarik untuk dilihat, jika tidak mungkin akan banyak hal yang terlewatkan

5. Pilihan Kata dalam menulis Resume
Ada beberapa perusahaan besar yang sudah menerapkan sistem digital dalam menyaring calon pekerja, seperti penggunaan perangkat lunak yang bekerja menggunakan kata kunci (keyword).
Jadi kata-kata dalam resume anda akan disaring dan jika sesuai maka bisa jadi resume anda akan diterima.

6. Ketrampilan
Tidak hanya sekedar daftar ketrampilan yang memenuhi resume anda, sebaiknya anda bisa memberikan penjelasan bagiamana anda menerapkan ketrampilan anda tersebut.

7. Ringkas dan jelas 
Tulis secara ringkas, jelas dan tentunya relevan, sehinggan resume anda efektif. Cantumkan hanya pada informasi penting-penting saja sesuai pekerjaan yang dituju.

8. Memaksimalkan halaman resume
Maksimalkan halaman resume anda, hindari terlalu banyak penggunaan halaman, namun tergantung dari pengalaman kerja yang anda miliki, mungkin anda perlu lebih dari 2 halaman jika pengalaman sudah lebih dari tiga puluh tahun, tapi jika baru memulai berkarier satu halaman sudah cukup.

Kesimpulanya :

Buatlah Daftar Riwayat Hidup  (CV) yang baik dan benar tentunya buat semenarik mungkin, ringkas dan padat akan informasi tentang anda, curi perhatian manager ketika melihat resume anda. Sehingga mereka dapat memberikan kesempatan bagi anda untuk melangkah ke tahap selanjutnya. Demikian 8 cara membuat daftar riwayat hidup untuk lamaran kerja semoga dapat membantu.