Informasi lowongan kerja terbaru hari ini untuk lulusan SMA, SMK, D3 dan S1 semua jurusan

Kamis, 28 Juli 2016

5 Penyebab Lamaran Kerja Ditolak dan Bagaimana Cara Move on?


Dapatkan Lowongan Kerja Via Email (Gratis)

5 Penyebab Lamaran Kerja Ditolak dan Bagaimana Cara Move on? - Menerima penolakan atas lamaran kerja memang tidak mengenakan dan bahkan bisa membuat pelamar kerja menjadi sakit hati. Mungkin anda merasa memiliki keahlian dan keterampilan lebih jika diberikan kesempatan untuk menjalani profesi bidang kerja yang dilamar. Namun masalahnya tidak hanya itu saja yang dicari oleh perusahaan.

Penyebab Lamaran Kerja Ditolak


Bisa jadi lamaran kerja anda ditolak karena hal lain, seperti kurang percaya diri dalam menunjukan kemampuan dan keahlian anda dalam bekerja. Berikut ini beberapa alasan yang menjadi penyebab lamaran kerja ditolak.

1. Bagaimana dengan surat lamaran kerja anda?

Sebuah perusahaan pasti sudah pernah menemui berbagai macam surat lamaran kerja, oleh karena, perusahaan akan dapat dengan cepat untuk mengenali surat lamaran yang memiliki keunikan dan juga memiliki informasi yang lebih unik.

Perusahaan bisa saja memanggil semua pelamar kerja yang memenuhi syarat, namun perusahaan juga mencari pelamar kerja yang memiliki kemampuan kerjasama dan dapat berorientasi pada detail setiap permasalahan.

Tentu saja jika surat lamaran kerja yang diterima perusahaan memiliki keunikan semua, maka perusahaan juga akan mencari surat lamaran kerja yang memiliki keunikan lebih. Untuk itu penting sekali untuk membuat surat lamaran kerja yang unik, sehingga perusahaan akan mengingat kita dan bisa menjadi peluang untuk diterima kerja.

Akan tetapi perlu di ingat , jangan sampai membuat surat lamaran kerja atau resume dengan menggunakan desain, font dan warna yang konyol, pastikan bahwa surat lamaran atau resume mudah untuk dibaca.

Baca Juga : 5 Cara Membuat Curriculum Vitae yang Menarik HRD

2. Sudah menunjukan kehebatan diri anda dalam bekerja  ?

Perusahaan tidak memiliki banyak informasi tentang setiap calon karyawan, jadi sebaiknya anda komunikasikan secara jelas kemampuan kerja yang anda miliki melalui  resume. Itulah salah satu cara perusahaan dapat mengenal siapa anda.

Sebagai contoh mencantumkan pengalaman kerja diperusahaan sebelumnya, dan mencantumkan pencapaian perusahaan yang di raih berkat kerja keras anda. Setelah itu jangan lupa untuk bertanya kepada teman dekat untuk menilai surat lamaran kerja anda, sekiranya apa yang perlu di perbaiki.

3. Menulis terlalu banyak dan jangan lupa menulis tanggal

Tulis resume secara praktis, buat dalam beberapa poin, selain itu jangan lupa untuk menulis tanggal lamaran kerja.

4. Tidak memberi nama file dengan benar

Jika anda melamar kerja lewat email, maka jangan lupa untuk memberikan nama file tersebut, tentunya nama harus sesuai dengan filenya, contoh, Ijazah.pdf , KTP.jpg

5. Perhatikan penampilan 

Seperti foto profil, terlihat sederhana memang, namun ternyata itu penting loh. Buat foto profil anda sebaik mungkin, hindari penggunaan warna rambut, karena ada beberapa perusahaan yang tidak mengizinkan hal tersebut.

Selain itu perusahaan juga dapat membaca karakter dan kemampuan kerja seseorang hanya dari segi penampilan, mungkin ini terlihat bias, namun nyatanya begitulah sering kali penampilan dapat mewakili siapa anda.

Ketika lamaran kerja ditolak perusahaan, segera move on! 

Meski lamaran kerja di tolak, namun jangan sampai membuat anda sedih dan kecewa hingga berlarut-larut, segera move on!

Bagaimana cara move on ?

1. Jangan lupa ucapkan rasa terima kasih

Meski mereka menolak, sebaiknya jangan lupa untuk mengucapkan rasa terima kasih, paling tidak ucapkan terima kasih karena mereka sudah mewawancarai anda. Biasanya hal ini akan membuat mereka salut dan akan mempertimbangkan untuk menawarkan pekerjaan lain dimasa mendatang

2. Mintalah menjelasan, apa penyebabnya

Perlu untuk sekiranya mencari tahu apa yang membuat anda belum diberi kesempatan bekerja, dengan demikian anda akan tahu penyebabnya dan segera memperbaikinya.

3. Tetap berfikir positif dan terus melangkah

Mungkin pekerjaan tersebut tidak baik untuk anda, mungkin Tuhan punya rencana lain, dan tentunya rencana Tuhan pasti lebih baik, jangan biarkan diri anda patah semangat dan jangan marah, tetaplah berfikir positif dan terus melangkah!

4. Introspeksi diri 

Cobalah di ingat kembali, mungkin ada beberapa pertanyaan tadi yang anda belum siap untuk menjawabnya atau salah menjawab , dengan demikian anda dapat memperbaikinya.

Jadi sekarang anda sudah tau penyebab surat lamaran kerja ditolak perusahaan, untuk itu jika anda merasa surat lamaran kerja masih ada kesalahan, maka segera perbaiki. Demikian semoga artikel ini dapat memberikan manfaat.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Peringatan!

Anda sedang membaca 5 Penyebab Lamaran Kerja Ditolak dan Bagaimana Cara Move on?.
Berdasi.com tidak pernah meminta imbalan atau biaya dalam bentuk apapun terhadap rekrutmen disitus ini, jadi hati-hati apabila ada pihak yang mengatasnamakan kami (berdasi.com) atau perusahaan meminta biaya kepada anda, seperti biaya transportasi atau yang lainnya bisa dipastikan itu PALSU

Related : 5 Penyebab Lamaran Kerja Ditolak dan Bagaimana Cara Move on?